Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 PALU
Nama: NURDIANA
Tahun: 2025
Abstrak
Nurdiana, 2024. ”Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMPN 5 PALU”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Anggraini, M.Si Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji : (1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, (2) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, (3) Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Penelitian ini dilaksanankan di SMP Negeri 5 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 95 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proporsional sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data di peroleh melalui angket motivasi belajar, angket minat belajar, dan nilai hasil uas matematika siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat linier, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% (1) nilai sig (0,000) < (0,05) maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu sebesar 76,1% (2) nilai sig (0,000) < (0,05) maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu sebesar 39,6% (3) nilai sig (0,000) < (0,05) maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu sebesar 81,5%. Kata Kunci : Motivasi, Minat, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up