JudulANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 6 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: NURUL ANISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Anisa, 2024. “Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar.” Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dr. Anggraini, M.Si. Penelitian ini menganalisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita himpunan, dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui angket, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita himpunan. Siswa dengan gaya belajar visual mengalami dua indikator kesulitan yaitu kesulitan mempelajari konsep dan kesulitan menerapkan prinsip. Untuk kesulitan mempelajari konsep siswa tidak dapat menggunakan rumus yang sesuai dengan kondisi soal yaitu rumus gabungan dan selisih tiga himpunan. Sedangkan untuk kesulitan menerapkan prinsip siswa keliru dalam kegiatan perhitungan dan tidak menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar auditorial mengalami semua indikator kesulitan yaitu kesulitan mempelajari konsep, kesulitan menerapkan prinsip dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Pada kesulitan menerapkan konsep siswa tidak bisa menerjemahkan bentuk soal, tidak mengetahui apa yang diketahui dari soal, siswa juga tidak menggunakan rumus yang sesuai dengan kondisi soal. Pada kesulitan menerapkan prinsip, siswa melakukan kesalahan dalam kegiatan perhitungan pada saat menyelesaikan soal. Pada kesulitan menyelesaikan masalah verbal, siswa keliru dalam menerjemahkan soal kedalam bentuk matematika, siswa juga tidak bisa menentukan data yang digunakan, serta tidak memeriksa jawaban yang diperoleh. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi semua indikator kesulitan yaitu yaitu kesulitan mempelajari konsep, kesulitan menerapkan prinsip dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Pada kesulitan dalam mempelajari konsep, siswa ragu dalam menggunakan pemisalan atau notasi himpunan. siswa tidak bisa menggunakan rumus yang sesuai dengan kondisi soal. Pada kesulitan dalam menerapkan prinsip siswa melakukan kesalahan dalam kegiatan perhitungan. Hal ini terjadi karena siswa tidak mengetahui rumus dan melakukan kesalahan dalam menggunakan data yang digunakan. Pada kesulitan menyelesaikan masalah verbal siswa melakukan kesalahan dalam menentukan data yang digunakan, siswa tidak memeriksa kembali jawabannya. Kata kunci : Analisis Kesulitan, Soal Cerita Himpunan, Gaya Belajar |