JudulProfil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi |
Nama: ULFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh diskripsi kemampuan pemahaman konsep siswa yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada materi limit fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi. Penelitian ini menggunakan metode pemberian tes dan wawancara yang dilakukan 2 kali di waktu yang berbeda. Subjek penelitian adalah 3 siswa dari 21 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) siswa bergaya belajar visual (GV) memenuhi 4 indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, memberikan contoh dan non contoh yaitu memberikan contoh fungsi yang memiliki nilai limit dan contoh fungsi yang tidak memiliki nilai limit, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar, serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristik siswa bergaya belajar visual yaitu mengerjakan soal dengan teliti, mengulang-ulang pengerjaanya hingga mendapatkan jawaban yang diinginkan; 2) siswa bergaya belajar auditorial (GA) memenuhi 3 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel, dan gambar serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristik siswa bergaya belajar auditorial yaitu membaca soal dengan mengulang-ulang dengan suara keras; 3) siswa bergaya belajar kinestetik (GK) hanya memenuhi 2 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar. Ciri-ciri dan karakteristik siswa bergaya belajar kinestetik yaitu membaca soal menunjuk dengan jari. Kata Kunci: Profil Kemampuan pemahaman konsep, limit fungsi, gaya belajar. |