JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TALKING STICKMENGGUNAKAN MEDIA QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 18 PALU |
Nama: HASTITI GITA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hastiti Gita, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Menggunakan Media Questions Box terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Statistika di SMP Negeri 18 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin, M. Si. Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu menarik minat peneliti untuk meneliti dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan media questions box untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan media questions box terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan media questions box terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Palu. Penelitian ini merupakan ekperimen semu (quasi-experimental design) dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan media question box, sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 85,88 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,04. Analisis data juga dilakukan melalui program Statistical Product and Service Solution (SPSS), diperoleh nilai signifikan (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dalam hal ini, hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan media question box berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 palu. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Questions Box, Hasil Belajar, Statistika |