JudulProfil Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTs Alkhairaat Maleni Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Nama: NANANG MARDIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nanang Mardiana, 2024. “Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTs Alkhairaat Maleni Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si. ?Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi Profil berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Maleni dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Alkhairaat Maleni yang terdiri dari tiga orang yaitu masing-masing satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan olahan data diperoleh bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi adalah subjek yang mampu menguasai indikator FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview). Subjek yang berkemampuan matematika sedang yaitu subjek yang hanya menguasai sebagian indikator FRISCO yaitu subjek tidak memberikan alasan yang tepat untuk mendukung kesimpulan yang dibuatnya (reason). Subjek menentukan langkah-langkah penyelesaian soal. Tetapi subjek kurang tepat menyimpulkan solusi dari permasalahan (inference). Subjek berkemampuan matematika sedang ini hanya menguasai 4 indikator yaitu focus, situation, clarity, dan overview. Subjek yang berkemampuan matematika rendah yaitu subjek yang juga menguasai sebagian indikator FRISCO yaitu subjek juga memberikan alasan yang kurang tepat untuk mendukung kesimpulan yang dibuatnya (reason). Subjek menentukan langkah awal menyelesaikan soal. Tetapi dalam menyelesaikan soal subjek tidak tepat dalam menentukan strategi penyelesaian (inference). Subjek tidak menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan dalam soal (situation). Subjek tidak mengecek kembali apa yang telah dikerjakan (overview). Subjek berkemampuan matematika rendah ini hanya menguasai 2 indikator yaitu focus dan clarity. Kata Kunci: Profil Berpikir Kritis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. |