JudulAnalisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu Berdasarkan Kemampuan Matematika |
Nama: MOH RAUSYANFIKRY |
Tahun: 2024 |
Abstrak MOH RAUSYANFIKRY, 2024. “Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu Berdasarkan Kemampuan Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep perkalian matriks oleh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu berdasarkan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI 4 SMA Negeri 7 Palu yang terdiri dari dua orang yaitu satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi dan satu orang siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Analisis pemahaman konsep subjek berkemampuan matematika tinggi pada indikator menyatakan ulang konsep perkalian matriks, mampu menyatakan pengertian dari perkalian matriks dan juga mampu menjelaskan elemen baris dan elemen kolom pada matriks; pada indikator mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep perkalian matriks, mampu mengelompokkan dan menentukan dua matriks dapat dikalikan serta mampu menjelaskan syarat dua matriks dapat dikalikan; pada indikator menyajikan konsep perkalian matriks dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, mampu memilih dan menggunakan konsep matriks untuk menyelesaikan masalah soal cerita, juga mampu menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan serta menuliskannya ke dalam bentuk model matematika kemudian mampu menyelesaikannya dengan langkah penyelesaian yang tepat. (2) Analisis pemahaman konsep subjek berkemampuan matematika rendah pada indikator menyatakan ulang konsep perkalian matriks, mampu menyatakan pengertian perkalian matriks menggunakan kalimat sendiri; pada indikator mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep perkalian matriks, tidak mampu mengelompokkan dua matriks yang dapat dikalikan; pada indikator menyajikan konsep perkalian matriks dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, tidak dapat menyelesaikan soal yang diberikan. |