JudulPROFIL KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INDUKSI MATEMATIK SISWA KELAS XI SMAN 5 MODEL PALU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: JUSMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematika menggunakan metode induksi matematik siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing gaya belajar yaitu 1 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 1 siswa yang memiliki gaya belajar auditori dan 1 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematika siswa menggunakan metode induksi matematik disesuaikan dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu melakukan pembuktian matematika menggunakan induksi matematik pada langkah dasar dan langkah induksi namun hanya sampai asumsi benar untuk ???? = ???? sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik tidak dapat menerapkan prinsip induksi matematik dengan benar, pada langkah dasar siswa mensubstitusikan ???? = 1 dan ???? = 2 kedalam pernyataan dan terdapat kesalahan dalam operasi hitung. Kata Kunci: Kemampuan pembuktian matematika, induksi matematik, gaya belajar. |