JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SISWA KELAS VII SMPN 4 PALU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: NURUL HIKMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Hikmah, 2024. Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa Kelas VII SMPN 4 Palu Ditinjau Dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dr. Nurhayadi, M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa pada materi pecahan ditinjau dari gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah; (1) tahap memahami masalah subjek visual mampu memahami soal dengan baik dan mengidentifikasi soal dengan menggaris bawahi hal penting pada soal. Subjek auditorial dapat menangkap makna dari soal sehingga dapat menentukan syarat cukup dan syarat perlu pada soal dengan mendengarkan temannya pada saat membaca soal, begitupun subjek kinestetik memahami soal dengan memutar-mutar pulpen sehingga dapat menangkap makna dari soal dan dapat menceritakan kembali informasi yang diketahui dan ditanyakan. (2) tahap membuat rencana subjek visual mampu membuat rencana dengan informasi yang telah diketahui dengan menggambarkan langkah-langkah penyelesaian pada lembar lain, sedangkan subjek auditorial mengutarakan strategi dengan baik dengan suara yang keras begitupun dengan subjek kinestetik dapat membuat rencana dengan informasi yang telah diketahui namun membuat langkah-langkah penyelesaian yang berbeda. (3) tahap melaksanakan rencana subjek visual, auditorial dan kinestetik dapat menyelesaikan penyelesaian sesuai dengan informasi yang telah diketahui dan strategi yang telah direncanakan, meskipun terdapat kesalahan langkah-langkah pada subjek kinestetik namun subjek mampu menentukan penyelesaian sesuai rencana. (4) tahap memeriksa kembali subjek visual tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya, berbeda halnya dengan siswa yang bergaya belajar auditorial dan kinestetik yang melakukan pemeriksaan kembali hasil pengerjaannya dengan membaca kembali dan menghitung kembali hasil pengerjaannya. Kata kunci: pemecahan masalah, gaya belajar, pecahan |