JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR |
Nama: NURMALA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 12 Palu pada materi bentuk aljabar ditinjau dari minat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahap memahami masalah semua subjek mampu memahami masalah, namun subjek dengan minat belajar sedang tidak menuliskan pemahamannya. (2) Tahap membuat rencana pemecahan (MS) masalah semua subjek mampu membuat rencana pemecahan masalah. (3) Tahap melaksankan rencana pemecahan masalah semua subjek mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah (4) Tahap memeriksa kembali subjek dengan minat belajar tinggi (MT), dan subjek minat belajar sedang (MS) memeriksaan kembali pekerjaannya. Sedangkan subjek minat belajar rendah (MR) tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pekerjaannya. Simpulan subjek MT memiliki kemampuan tinggi dalam pemecahan masalah karena mampu memenuhi semua tahapan dengan baik. Subjek MS berada pada tingkat kemampuan sedang karena meskipun mampu menyelesaikan tiap tahapan, belum maksimal. Subjek MR termasuk dalam kemampuan rendah karena hanya mampu menyelesaikan beberapa tahapan pemecahan masalah tanpa menuntaskan semuanya. Kata kunci: Bentuk Aljabar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar |