JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: LUPNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah bentuk aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sigi ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VII C SMP Negeri 2 SIGI tahun ajaran 2023/2024 dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data tentang gaya belajar siswa diperoleh dengan memberikan angket gaya belajar, sedangkan data tentang pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Subjek SV dalam memahami masalah menjelaskan semua informasi secara mendalam dan terstruktur. Subjek SA menjelaskan informasi dengan panjang lebar. Subjek SK menuliskan informasi dengan tidak terstruktur dan tidak lengkap. (2) Subjek SV membuat rencana pemecahan masalah dengan mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika dan merencanakan menggunakan metode subtitusi. Subjek SA membuat kalimat matematika dari kalimat verbal dan merencanakan menggunakan metode subtitusi. Subjek SK membuat kalimat matematika dari kalimat verbal dan merencanakan menggunakan metode subtitusi. (3) Subjek SV melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan strategi yang telah direncanakan. Subjek SA melaksanakan rencana penyelesaian dengan mengacu pada rencana yang telah disusun sebelumnya. Subjek SK menyelesaikan masalah dengan langkah yang tepat dan mengacu pada rencana yang telah disusun sebelumnya. (4) Subjek SV memeriksa kembali jawabannya dengan mengamati dan mengkaji kembali langkah penyelesaian masalah. Subjek SA tidak memeriksa kembali jawabannya sehingga menemukan kekeliruan pada hasil akhir jawabannya. Subjek SK memeriksa kembali jawabannya dengan mengamati langkah penyelesaian masalah dan memeriksa kembali perhitungan yang telah dilakukan. |