JudulPenerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP BK Kalawara Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Nama: PUTRI AISUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Putri Aisun. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP BK Kalawara pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nurhayadi, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP BK Kalawara pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP BK Kalawara yang berjumlah 16 orang siswa dan dipilih tiga orang siswa sebagai informan serta dibentuk 3 kelompok belajar yang heterogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII A SMP BK Kalawara dengan mengikuti tahap-tahap problem based learning yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah, pada tahap ini guru memperkenalkan masalah kepada siswa melalui video pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan materi, 2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, pada tahap ini siswa bergabung pada kelompok masing-masing dan guru menjelaskan tanggung jawab siswa dalam kelompok, 3) Membimbing penyelidikan individu/kelompok, pada tahap ini guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya terkait kendala yang ia temui pada masalah yang diberikan, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pada tahap ini guru memilih secara acak siswa yang akan mempresentasikan hasil karya kelompoknya dan mempersilahkan kepada seluruh siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain, 5) Menganalisis dan mengealuasi proses pemecahan masalah, pada tahap ini guru membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah mereka kerjakan. Peningkatan hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan pada siklus I dan siklus II, diperoleh dari data hasil analisis aktivitas siswa disetiap siklus bahwa pada item yang berada dikategori cukup menjadi baik, yang berada dikategori baik meningkat menjadi sangat baik dan yang berada dikategori sangat baik dapat dipertahankan. Selain itu, data hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran yang dapat dilihat dari lembar hasil observasi meningkat menjadi sangat baik. Hasil dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan karena adanya perbaikan. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP BK Kalawara pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |