JudulANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMPN 1 PALU |
Nama: REGINA SINTIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Regina Sintia, 2024. “Analisis Keterampilan Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Materi Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi keterampilan metakognisi dalam memecahkan masalah materi aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Palu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VII SMPN 1 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi menyadari menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam setiap tahapan pemecahkan masalah matematika, (2) siswa yang berkemampuan matematika sedang menyadari dalam menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam tiga tahapan pemecahkan masalah matematika tetapi pada tahapan memeriksa kembali hasil siswa yang berkemampuan matematika sedang belum menyadari dalam menggunakan evaluasi, (3) Keterampilan metakognisi siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah materi aljabar belum menyadari dalam menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam setiap tahapan pemecahkan masalah matematika. Kata kunci: Keterampilan Metakognisi, Pemecahan Masalah, Aljabar. |