Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert
Nama: KHALIFA ZHABRIANI
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri masing-masing satu orang siswa dengan tipe kepribadian ekstrovertdan satu orang siswa dengan tipe kepribadian introvert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara subjek SE lebih baik dalam komunikasi secara lisan karena SE lebih lancar dan lebih terurut saat menjelaskan proses pengerjaan soal dari awal sampai dengan penarikan kesimpulan dibandingkan secara tertulis yang mana hasil tes tertulis SE ada beberapa tahap yang tidak SE tuliskan dilembar jawaban seperti tidak menuliskan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, dan pemisalan yang dibutuhkan. Sedangkan subjek SI cenderung lebih baik pada tes komunikasi matematis tertulis dibandingkan lisan karena pada tes tertulis subjek SI dapat menuliskan jawaban secara terurut mulai dari apa yang diketahui sampai dengan penarikan kesimpulan dengan baik dan rapih dibandingkan dengan lisan ada pertayaan yang tidak dapat dijawab oleh subjek SI.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up