Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Soal Turunan Berdasarkan Kelompok Gender Feminime
Nama: RATNA DWI OKTAVIA
Tahun: 2024
Abstrak
Ratna Dwi Oktavia, 2024. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Soal Turunan Berdasarkan Kelompok Gender Feminime?. Skripsi. Program Studi Pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rita Lefrida. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam soal turunan pada kelas XI SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat derskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang perempuan dengan gender feminine yang dipilih menggunakan angket feminine. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes tertulis, wawancara, dan juga observasi langsung kepada subjek. Pemeriksaan kualitas hasil penelitian dilakukan dengan depenbility dan credibility. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan dengan gender feminine dapat memenuhi seluruh indikator yaitu : (1) mengkomunikasikan pemikiran matematisnya secara koheren (tersusun secara logis) dan jelas kepada temannya dan guru; (2) Menggunakan bahasa matematika (angka, huruf, simbol, bagan, grafik, koneksi logis) secara efektif yang dikombinasikan dengan bahasa yang umum atau gerakan fisik ketika mempresentasikan, menyelesaikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam interaksi (berdiskusi, berdebat) dengan orang lain ; (3)Kemampuan menjelaskan ide, situasi atau relasi matematika secara tertulis. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Turunan, Gender Feminine

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up