JudulProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Soal Turunan Berdasarkan Kelompok Gender Masculine |
Nama: KADEK DEVY AMELIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil Kemampuan Komunikasi Matematis siswa dalam soal turunan. Berdasarkan Kelompok Gender Masculine. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian sebanyak tiga orang yang berasal dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sigi. Pengambilan subjek berdasarkan gender masculine. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes tertulis, wawancara dan diskusi. Metode penelitian menggunakan within-method triangulation. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa dengan gender masculine menyebutkan informasi pada soal dengan menggunakan bahasanya sendiri, mengulangi penjelasan temannya, menuliskan ide menyelesaikan soal turunan dan menuliskan alasan dari setiap langkah penyelesaian soal. jelas (2) siswa dengan gender masculine dapat membaca simbol-simbol yang terdapat pada soal turunan, menuliskan notasi limit, menjelaskan maksud dari grafik pada gambar. Subjek ini juga dapat mengulang penjelasan dari temanya. Selanjutnya (3) siswa dengan gender masculine dapat membuat kesimpulan dari penyesaian soal. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Turunan, Gender |