Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 TOLITOLI
Nama: ASWANDI
Tahun: 2024
Abstrak
Aswandi, 2023. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Rita Lefrida. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli (2) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli (3) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli pada tahun ajaran tahun 2023/2024 yang berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 59 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket kegiatan ekstrakurikuler motivasi belajar, dan nilai hasil ujian akhir semester matematika siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat linier, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% (1) nilai sig (0,003) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli sebesar 14,5% (2) nilai sig (0,015) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli sebesar 9,9% (3) nilai sig (0,007) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Tolitoli sebesar 16,1%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up