JudulProfil Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 1 Balinggi |
Nama: NI GUSTI AYU SANDIARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Gusti Ayu Sandiari, 2024. “Profil Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balinggi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Tegoeh S. Karniman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar ditinjau dari tingkat kemampuan matematika di SMP Negeri 1 Balinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Balinggi yang terdiri dari tiga orang yaitu masing-masing satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pemahaman konsep subjek berkemampuan matematika tinggi pada indikator menyatakan ulang konsep bentuk aljabar, mampu menyatakan pengertian bentuk aljabar dengan menggunakan kalimat sendiri dan mengetahui unsur-unsur yang ada pada bentuk aljabar; pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep bentuk aljabar, mampu mengelompokkan dan membedakan serta menerapkan operasi suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar; pada indikator menyajikan konsep bentuk aljabar dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, mampu memilih dan menggunakan konsep bentuk aljabar untuk menyelesaikan masalah soal cerita bentuk aljabar, juga mampu menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan serta menuliskannya ke dalam bentuk model matematika kemudian mampu menyelesaikannya dengan langkah penyelesaian yang tepat. (2) Profil pemahaman konsep subjek kemampuan matematika sedang pada indikator menyatakan ulang konsep bentuk aljabar, mampu menyatakan pengertian bentuk aljabar dengan menggunakan kalimat sendiri dan mengetahui unsur-unsur yang ada pada bentuk aljabar; pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep bentuk aljabar, mampu mengelompokkan dan membedakan serta menerapkan operasi suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar; pada indikator menyajikan konsep bentuk aljabar dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan serta membuat model matematika namun tidak mampu memilih dan menggunakan prosedur yang tepat untuk menyelesaikan jawaban. (3) Profil pemahaman konsep subjek kemampuan matematika rendah pada indikator menyatakan ulang konsep bentuk aljabar, kurang mampu menyatakan pengertian bentuk aljabar menggunakan kalimat sendiri dan tidak mengetahui unsur-unsur yang ada pada bentuk aljabar; pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep bentuk aljabar, tidak mampu mengelompokkan dan membedakan serta menerapkan operasi suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar; pada indikator menyajikan konsep bentuk aljabar dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, tidak dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Soal Cerita, Tingkat Kemampuan Matematika, Bentuk Aljabar |