Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu Dalam Menyelesaikan Soal AKM
Nama: UMMU SALAMAH
Tahun: 2024
Abstrak
UMMU SALAMAH, 2024. “Profil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu dalam Menyelesaikan Soal AKM.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Tegoeh S. Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Palu dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu yang terdiri dari tiga orang yaitu satu peserta didik berkemampuan tinggi, satu peserta didik berkemampuan sedang dan satu peserta didik kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan numerasi peserta didik berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan numerasi, artinya subjek mampu menguasai penggunaan angka dan simbol, serta tahap menganalisis informasi dan menginterpretasi serta menguasainya dengan baik. (2) Profil kemampuan numerasi peserta didik berkemampuan sedang hanya mampu menguasai dua indikator, artinya subjek menguasai penggunaan simbol dan mengevaluasi, serta tidak dapat menarik kesimpulan dari hasil jawaban yang telah ditemukan. (3) Profil kemampuan numerasi peserta didik berkemampuan rendah hanya mampu menguasai penggunaan simbol dan angka, tidak dapat memenuhi dua indikator lainnya. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, AKM

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up