JudulPROFIL PENYELESAIAN SOAL SPLDV BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA |
Nama: REZKI LOLA YUNITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rezki Lola Yunita, 2024. “Profil Penyelesaian Soal SPLDV Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa”. Skripsi. Program Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII B SMPN 20 Palu pada semester ganjil 2023/2024 yang terdiri dari 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 orang siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan matematika rendah. Data pada penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara pada subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan soal SPLDV dengan mencapai semua tahapan pada teori APOS (aksi, proses, objek, dan skema); (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat menyelesaikan soal SPLDV namun belum mampu mencapai semua tahapan pada teori APOS, siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu mencapai tahap APO (aksi, proses, dan objek); (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal SPLDV dan hanya mampu mencapai tahap aksi pada tahapan teori APOS. Kata Kunci : Penyelesaian Soal, Teori APOS, SPLDV. |