Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE
Nama: RISTI RAHMAYANI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 3 Dampelas dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Subjek penelitian ini yaitu tiga orang siswa yang berada pada level 0, level 1 dan level 2 perkembangan berpikir Van Hiele. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil Van Hiele Geometry Tes (VHGT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek level 0 berpikir Van Hiele hanya dapat memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematika, subjek mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan serta dapat mengubah masalah pada soal. (2) Subjek level 1 berpikir Van Hiele mampu memenuhi 3 indikator kemampuan literasi matematika, subjek mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan serta dapat menghubungkan dengan konsep luas balok dengan informasi dari data yang diketahui menghasilkan suatu rencana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan rumus dengan benar. (3) Subjek level 2 berpikir Van Hiele mampu memenuhi 4 indikator kemampuan literasi matematika, subjek mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, menuliskan rumus yang akan digunakan dengan benar, mampu menghubungkan dengan konsep luas balok kemudian menerapkan pengetahuannya tentang luas permukaan serta memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah penyelesaian soal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up