JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE |
Nama: PUTRI VASRA HANDAYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pemahaman konsep siswa perlu untuk diprofilkan agar guru dapat mengetahui seperti apa gambaran dari pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman konsep siswa kelas IX SMP Negeri 3 Dampelas dalammenyelesaikan persamaan logaritma ditinjau dari level berpikir van hiele. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep MT dalam menngidentifikasi contoh dan bukan contoh, yaitu dapat membedakan mana yang termasuk contoh kubus dan mana yang bukan contoh kubus; Pemahaman konsep HN dalam menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari yaitu kubus merupakan bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan memiliki ukuran yang sama, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh yaitu mampu menjelaskan mana yang termasuk contoh kubus dan mana yang bukan contoh kubus, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya yaitu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan serta langkahlangkah untuk mencari volume kubus namun idak menyelesaikan secara algoritma; Pemahaman konsep SC dalam menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari yaitu menjelaskan bahwa kubus adalaha bangun ruang yang memiliki ukuran sisi yang sama serta setiap sisinya berbentuk persegi, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh yaitu dapat menjelaskan mana yang termasuk contoh kubus dan mana yang bukan contoh kubus, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsenya yaitu dapat menuliskan apa yan diketahui dan ditanyakan serta dapat menuliskan langkah mencari volume, dan menyelesaikannya secara algoritma. |