JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMPN 1 BALAESANG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: RAHMADIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rahmadiani, 2024. Profil Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 1 Balaesang Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Alfisyahra. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Balaesang pada materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang siswa yang diambil dari 26 siswa kelas VIII SMPN 1 Balaesang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek dipilih berdasarkan dari nilai ulangan harian matapelajaran matematika dan direkomendasikan guru dengan kemampuan berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya dengan baik. Data diperoleh melalui tugas tertulis dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada indikator pemahaman konsep yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyatakan ulang konsep sudah dapat menyatakan ulang konsep dengan baik menggunakan bahasanya sendiri. Pada indikator mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, siswa dapat menjelaskan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep. Pada indikator mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya yaitu menyajikan konsep dengan membuat pemodelan matematika dan menentukan persamaan dan menggunakan langkah penyelesaian yang tepat sesuai konsep secara algoritma. Pada siswa berkemampuan sedang dalam menyatakan ulang konsep sudah mampu menyatakan konsep dengan baik menggunakan kalimatnya sendiri. Pada indikator mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, siswa mampu menjelaskan dan mengetahui contoh dan bukan contoh dari suatu konsep. Pada indikator mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya yaitu menyajikan konsep siswa belum mampu menyajikan konsep dan belum mampu mengaplikasikan konsep sehingga melakukan kekeliruan dan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Pada siswa berkemampuan rendah dalam menyatakan ulang konsep , siswa belum mampu menyatakan dan menjelaskan kembali dengan baik konsep sistem persamaan linier dua variabel. Kata Kunci: Profil, Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Kemampuan Matematika |