Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar Di SMP Negeri 1 Palu
Nama: SARAH AMANDA
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Palu dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari Motivasi Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa memiliki motivasi belajar tinggi, satu orang siswa memiliki motivasi belajar sedang, satu orang siswa memiliki motivasi belajar rendah. Data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dan wawancara sedangkan data tentang motivasi belajar siswa diperoleh dengan memberikan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sangat baik karena mampu melaksanakan semua tahap memahami atau mengidentifikasi masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali; (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki motivasi belajar sedang juga relatif sedang karena mampu melaksanakan tahap memahami atau mengidentifikasi masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, tetapi saat pengoperasiannya terdapat kesalahan; (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki motivasi belajar rendah kurang baik karena hanya mampu melaksanakan tahap memahami atau mengidentifikasi masalah dan menyusun rencana.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up