JudulProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al-khairaat Tondo Pada Materi Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Self-Confidence |
Nama: RISNA AMELIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Risna Amelia, 2024. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Khairaat Tondo Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Self-Confidence”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Alfisyahra S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Al-khairaat Tondo pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa dari 17 siswa kelas VII A MTs Al-khairaat Tondo yaitu siswa yang masing-masing memiliki tingkat self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan dengan metode angket, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang memiliki self-confidence tinggi (RS) menuliskan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap, dan subjek menggunakan simbol matematika dalam menuliskan informasi yang diketahui, kemudian subjek menggambarkan diagram panah dan koordinat kartesius yang sesuai dengan soal dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan keterangan yang ada pada gambar secara lengkap, serta menuliskan dan menjelaskan kesimpulan jawaban diakhir penyelesaian soal dan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban baik secara lisan maupun tulisan. subjek yang memiliki self-confidence sedang (SM) menuliskan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap, dan subjek menggunakan simbol matematika dalam menuliskan informasi yang diketahui, kemudian subjek menggambarkan diagram panah dan koordinat kartesius yang sesuai dengan soal dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan keterangan yang ada pada gambar secara lengkap, namun belum mampu menuliskan kesimpulan jawaban diakhir penyelesaian soal. subjek yang memiliki self-confidence rendah (NW) belum mampu menuliskan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap, kemudian subjek menggambarkan diagram panah dan koordinat kartesius yang sesuai dengan soal dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan keterangan yang ada pada gambar secara lengkap, namun belum dapat menuliskan kesimpulan jawaban diakhir penyelesaian soal. Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis, relasi dan fungsi, self- Confidence |