Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale
Nama: SITTI NURHALIZA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale dalam menyelesaikan soal matematika materi barisan aritmatika berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara berupa 2 soal essay dan pedoman wawancara. Teknik wawancara yang digunakan adalah semi terstruktur yang dilakukan dengan siswa yang terpilih guna memastikan jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini dipilih berdasarkan perbedaan jenis kelamin yakni satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan dengan pertimbangan siswa yang melakukan kesalahan terbanyak, mampu berkomunikasi dengan baik serta rekomendasi dari guru matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan subjek laki-laki (SL) yaitu kesalahan dalam memahami (comprehension error), kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error) dan kesalahan dalam penulisan menulsikan jawaban akhir (encoding error). Kesalahan yang dilakukan subjek Perempuan (SP) yaitu kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error) dan kesalahan dalam penulisan menulsikan jawaban akhir (encoding error). Kata Kunci : kesalahan, newman’s error analysis, barisan dan deret

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up