JudulREPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANAWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL |
Nama: SELVI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tentang representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banawa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII D di SMPN 3 Banawa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan metode kuesioner, tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis dan kecerdasan emosional yang tinggi cenderung memiliki keterampilan yang baik dalam menyelesaikan persoalan matematika yang melibatkan indikator visual, simbolik, dan verbal. Selain itu, siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah dapat menyelesaikan indikator simbolik dan visual namun belum tuntas, dan indikator verbal masih sangat kurang. Kata kunci: Representasi Matematis, SPLDV, Kecerdasan Emosional |