Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI MTS SYEKH LOKIYAH TOWALE
Nama: INDRIANA
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs Syekh Lokiyah Towale. Subjek dalam penelitian adalah 2 orang siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dari 18 siswa kelas VII MTs Syekh Lokiyah Towale. Hasil penelitian ini ditinjau berdasarkan analisis kesalahan Newman, subjek laki-laki melakukan 3 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan memahami,siswa tidak mencantumkan informasi penting dari soal (2) kesalahan peubahan atau transformasi, siswa salah dalam memilih operasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal (3) kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa tidak menuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat. Subjek perempuan melakukan 3 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan memahami,siswa tidak mencantumkan dan tidak dapat mengubah informasi penting dari soal (2) kesalahan peubahan atau transformasi, siswa salah dalam memilih operasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal (3) kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa tidak menuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat. Kata kunci : Analisis kesalahan, soal cerita matematika, analisis Newman, perbandingan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up