Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 15 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Self Efficacy
Nama: WIRNADIA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu ditinjau dari self efficacy khususnya pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan membercheck metode. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu yang mewakili masing-masing self efficacy tinggi, sedang, rendah yang didapatkan dari hasil angket self efficacy yang kemudian diberi tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan self efficacy tinggi (CK) sudah sangat baik dengan menguasai semua indikator pemahaman konsep. Sedangkan self efficacy sedang (CA) menguasai sebagian indikator dan siswa self efficacy rendah (MA) hanya menguasai indikator menyatakan ulang konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek self efficacy tinggi memiliki pemahaman konsep matematika yang sangat baik, sedangkan subjek self efficacy sedang memiliki pemahaman konsep matematika yang cukup baik dan self efficacy rendah memiliki pemahaman konsep matematika yang kurang baik. Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Self Efficacy This research aims to describe the understanding of mathematical concepts among 8th-grade students of SMP Negeri 15 Palu, specifically focusing on self-efficacy in the topic of linear equations. The type of research conducted is descriptive, utilizing a qualitative approach. The research method employed is the member-check method. The subjects selected for this study were 3 students from class VIII A of SMP Negeri 15 Palu, representing high, moderate, and low levels of self-efficacy as determined from the results of a self-efficacy questionnaire. They were subsequently administered a test on mathematical concept comprehension. The results of the research indicate that students with high self-efficacy demonstrate a very good understanding of mathematical concepts, mastering all concept comprehension indicators. Meanwhile, students with moderate self-efficacy master some indicators, and students with low self-efficacy only master the indicator of restating concepts. Thus, it can be concluded that subjects with high self-efficacy have a very good understanding of mathematical concepts, while subjects with moderate self-efficacy have a sufficiently good understanding, and those with low self-efficacy have a less adequate understanding of mathematical concepts. Keywords: Self efficacy, understanding of mathematics concept keywords : Self efficacy, understanding of mathematics concept

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up