JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PECAHAN DI SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: NUR HALISA ANDRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitan ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang berpikir kritis siswa kelas VII Mawar SMP Negeri 4 Palu dalam memecahkan masalah pada materi pecahan. Jenis penelitan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki dan siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki aktivitas berpikir yang berbeda dalam memecahkan masalah pada materi pecahan sesuai dengan kriteria berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity dan overview. Siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah lebih rinci dan lengkap serta membutuhkan waktu yang lebih lama, sedangkan siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah lebih singkat padat dan jelas. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa walaupun siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang sama yaitu berkemampuan matematika tinggi, namun terdapat perbedaan aktivitas berpikir diantara keduanya dalam memecahkan masalah pada materi pecahan. Kata Kunci: Profil, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Pecahan. |