JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI MIA 2 MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRAAT KALANGKANGAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINGKARAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN |
Nama: SELVIANA SINTA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Selviana Sinta, 2024. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Alkhairaat Kalangkangan Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Lingkaran Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmi Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Pathuddin S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan lingkaran berdasarka Newman’s Error Analysis (NEA) ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Alkhairaat Kalangkangan. Penelitian ini menggunakan metode pemberian tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI MIA 2 yang diberikan tes klasifikasi untuk memperoleh data siswa kemampuan tinggi. Memilih 2 informan sebagai subjek tes dan wawancara yaitu satu siswa perempuan dengan kesalahan terbanyak dan satu siswa laki-laki dengan kesalahan terbanyak. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan membaca soal (reading error) dilakukan oleh kedua subjek, karena pada saat meembaca soal kedua subjek tidak dapat membaca dengan benar. (2) memahami masalah (comprehension error) dilakukan oleh kedua subjek. Karena pada saat ditanya kedua subjek tidak mengerti apa yang dimaksud oleh soal. (3) kesalahan transformasi (transformation error) dilakukan oleh subjek DA, hal ini ditandai dengan subjek tidak menuliskan rumus yang akan digunakan dalam soal. (4) kesalahan keterampilan proses (process skills error) dilakukan oleh semua subjek penelitian, hal ini ditandai dengan subjek tidak dapat melakukan proses perhitungan matematika dengan benar. (5) kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) dilakukan oleh semua subjek penelitian, hal ini ditandai dengan subjek salah dalam menentukan hasil akhir ataupun tidak menentukan hasil akhir dari jawaban dan subjek salah dalam menentukan jawaban yang benar karena kesalahan yang dilakukan pada tahap sebelumnya. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Persamaan Lingkaran, Jenis Kelamin, Tahapan Newman |