JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 OGODEDIDE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: AMANDA SAPUTRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Amanda Saputri, 2024. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Ogodeide dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Welli Meinarni S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 7 Ogodeide dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan implusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui proses berpikir kritis subjek dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan gaya kognitif siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian instrumen Matching Familiar Figure Test (MFFT), Tes tertulis dan wawancara. Instrumen MFFT digunakan untuk mengetahui gaya kognitif reflektif dan implusif pada siswa. Tes tertulis yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk masalah SPLDV untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa. Wawancara bertujuan untuk memperoleh informasi lebih dalam mengenai proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV sehingga data yang diperoleh akurat. Berdasarkan olahan data tersebut, diperoleh bahwa subjek dengan gaya kognitif reflektif memiliki proses berpikir kritis karena memenuhi keeanam indikator berpikir kritis FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview). Subjek yang bergaya kognitif implusif, tidak memiliki proses berpikir kritis karena hanya memenuhi dua indikator berpikir kritis FRISCO yaitu focus dan inference sedangkan indikator lainya tidak terpenuhi. |