Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 TINOMBO
Nama: SURYADI
Tahun: 2024
Abstrak
Suryadi, 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 TINOMBO. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Welli Meinarni. Penelitian ini bertujuan untuk untuk: (1) mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 TINOMBO pada materi invers matriks, (2) mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan sikap percaya diri siswa kelas XI MIPA SMAN 1 TINOMBO. Penelitian ini menggunakan metode penelitian True Experimental Design, dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 di SMAN 1 TINOMBO. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang terdistribusi dalam 3 kelas dari XI MIPA 1 sampai XI MIPA 3 sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Hasil uji hipotesis terhadap hasil belajar matematika menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut berdasarkan hasil uji mann-whitney yang memberikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak. Selanjutnya hasil uji hipotesis terhadap sikap percaya diri siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan sikap percaya diri siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut berdasarkan hasil uji mann-whitney yang memberikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,495. Nilai tersebut lebih dari 0,05 yang berarti bahwa H0 diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika akan tetapi tidak efektif terhadap peningkatan sikap percaya diri siswa kelas XI MIPA SMAN 1 TINOMBO. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Sikap Percaya Diri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up