JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BOLANO LAMBUNU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN |
Nama: DINA JUMIATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dina Jumiati, 2024. “Analisis Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bolano Lambunu Ditinjau dari Jenis Kelamin". Skripsi. Program Studi Pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rita Lefrida. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar siswa pada kelas VII SMP Negeri 6 Bolano lambunu. Jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang yaitu 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Pemeriksaan kualitas hasil penelitian dilakukan dengan dependability dan credibility. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan dapat menentukan koefisien, variabel, konstanta dan suku secara lengkap, dapat menyederhanakan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan sesuai, dapat menyatakan pernyataan yang benar atau salah dari operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, dapat menyajikan suatu konsep representasi matematika kedalam model matematika dengan variabel a dan b, dapat menyelesaikan permasalahan dengan menuliskan syarat perlu dan syarat cukup, dapat menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar dengan benar seperti apa yang diketahui, ditanyakan dan penyelesaian dan dapat memecahkan permasalahan menggunakan operasi pengurangan bentuk aljabar. Sedangkan siswa laki-laki belum dapat menuliskan koefisien, variabel, konstanta dan suku dari setiap pernyataan secara lengkap dikarenakan belum paham materi operasi bentuk aljabar dan kurang teliti dengan menghilangkan tanda negatif pada konstanta. Selain itu siswa laki-laki keliru dalam membangun syarat perlu dan syarat dari suatu konsep karena tidak menuliskan variabel x serta kurang teliti dalam mengalikan simbol negatif pada suku kedua sehingga hasilnya kurang tepat. Dan siswa laki-laki kurang teliti dalam memperhatikan soal sehingga operasi pemecahan masalah yang digunakan tidak sesuai terutama pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Kata Kunci:Analisis Pemahaman Konsep, Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar, Jenis Kelamin |