Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Efikasi Diri
Nama: NURUL ALFAHIRA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nurul Alfahira, 2025. “Profil Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 6 Palu Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Efikasi Diri” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruang Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu berdasarkan langkah Polya ditinjau dari efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu yang masing-masing satu orang siswa memiliki efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian diperoleh menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek dengan efikasi diri tinggi pada indikator I; subjek mampu menyebutkan informasi apa yang diketahui dan yang ditanyakan; pada indikator II; subjek mampu merencanakan penyelesaian masalah dengan menerapkan rumus; pada indikator III; subjek mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dengan melihat hal-hal yang telah diketahui; pada indikator IV; subjek memeriksa kembali jawaban serta mengecek hasil perhitungannya. (2) subjek dengan efikasi diri sedang pada indikator I; subjek mampu menyebutkan informsi apa yang diketahui dan ditanyakan; pada indikator II; subjek tidak menuliskan rumus mean akan tetapi subjek mampu menyelesaiakan masalah yang diberikan; pada indikator III; subjek mampu menyelesikan masalah yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya; pada indikator IV; subjek lupa memeriksa jawaban akhir; (3) subjek dengan efikasi diri rendah pada indikator I; subjek mampu menyebutkan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan; pada indikator II; subjek tidak mengetahui rencana apa yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, subjek tidak mengetahui rumus mean dan salah menggunakan rumus untuk menyelesaikan median; pada indikator III; subjek tidak dapat menyelesaiakan masalah bagian a dan b karena kurang mampu menghitung perkalian yang jumlahnya tinggi, akan tetapi subjek dapat mengetahui modus dari data tersebut; pada indikator IV; subjek tidak memeriksa kembali jawabannya karena tidak yakin dengan jawabannya. Kata Kunci : Profil, Pemecahan Masalah, Statistika, Efikasi Diri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up