JudulANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: YUSUF DHARMA MU'MININ |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial di SMP 2 Negeri palu. Jumlah subjek ada 32 siswa, kemudian diambil 12 siswa berdasarkan nilai raport yaitu nilai rata-rata dan standar deviasi yaitu 84,97 dan 6,38 dengan kriteria siswa sebagai subjek utama dan subjek pendukung dengan kemampuan matematika yang berbeda: yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari soal tugas tertulis dan wawancara subjek pendukung guna mengetahui kemampuan komunikasi subjek utama berdasarkan konsep kemampuan komunikasi dan indikator kemampuan komunikasi matematis berdasarkan teori komunikasi NCTM yaitu 1)Kemampuan siswa dalam menyatakan suatu situasi, gambar, atau diagram ke dalam bahasa, simbol, atau ide matematika; 2)Kemampuan siswa dalam menjelaskan ide, situasi, atau relasi matematis secara tulisan maupun lisan; 3)Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematis dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tulisan maupun lisan; 4)Kemampuan siswa dalam menyimpulkan jawaban secara tulisan maupun lisan. Uji kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check Member-Check yang dilakukan dengan cara meminta subjek penelitian untuk membaca hasil transkip wawancara, kemudian peneliti meminta pendapat terhadap hasil dari transkip wawancara tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Palu memiliki kemampuan komunikasi secara matematis pada materi aritmetika sosial, sesuai dengan indikator yang ditetapkan berdasarkan instrumen penjabaran komunikasi konsep matematika dituangkan kepada soal cerita arimatika sosial. |