JudulPengaruh Regulasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu |
Nama: RIZKY NEVITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bahwa regulasi diri memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP Negeri 9 Palu yang berjumlah 352 siswa. Adapun sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui angket regulasi diri dan tes kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan regulasi diri siswa bernilai 52,36 dengan nilai minimum 40 dan maksimum 65 yang berada pada kategori sedang, dan kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan nilai 25,90 dengan nilai minimum 12 dan maksimum 68 yang berada pada kategori sangat rendah. Hasil analisis inferensial, uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas dan uji hipotesis menggunakan uji Rank Spearman. Uji Rank Spearman memperoleh hasil nilai signifikansi adalah 0,00 ? 0,05 maka artinya ada hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematika materi SPLDV. Hasil output juga menunjukkan angka koefisien korelasi sebesar 0,509 artinya tingkat kekuatan hubungannya adalah cukup atau cukup kuat dengan arah yang positif. Kata kunci: Regulasi Diri, Pemecahan Masalah, Persamaan Linear |