JudulPROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP BALA KESELAMATAN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL |
Nama: ARINA OKTAVIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Arina Oktaviani, 2023. Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Bala Keselamatan Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sukayasa, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII A SMP Bala keselamatan Palu yang masing-masing terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data kemampuan representasi siswa diperoleh dari hasil tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan representasi matematis dengan subjek kemampuan matematika tinggi (NS) untuk indikator representasi simbol dapat menuliskan simbol aljabar, operasi matematika, menuliskan model matematika, menuliskan persamaan dan menyelesaikan masalah atau soal yang diberikan dengan melibatkan ekspresi matematis. Untuk indikator representasi visual subjek NS dapat menyajikan kembali data atau informasi dari bentuk representasi ke representasi grafik dengan menggambarkan grafik untuk memfasilitasi penyelesaian soal dan pada indikator representasi verbal subjek NS dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan kata-kata atau teks tertulis. (2) Profil kemampuan representasi matematis dengan subjek kemampuan matematika sedang (CE) untuk indikator representasi simbol dapat menuliskan simbol aljabar, operasi matematika, menuliskan model matematika, menuliskan persamaan dan menyelesaikan masalah atau soal yang diberikan dengan melibatkan ekspresi matematis. Namun, pada indikator representasi visual subjek CE belum mampu menyajikan kembali data atau informasi dari bentuk representasi kebentuk representasi grafik untuk memfasilitasi penyelesaian soal yang diberikan. Dan pada indikator representasi verbal subjek CE dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan kata-kata atau teks tertulis. (3) Profil kemampuan representasi matematis dengan subjek kemampuan matematika rendah (EN) untuk indikator representasi simbol subjek EN dapat menuliskan model matematika, simbol aljabar, tidak menentukan atau menuliskan persamaan dalam menyelesaikan soal tersebut. Pada indikator representasi visual, subjek EN belum mampu menyajikan kembali data atau informasi dari bentuk representasi kebentuk representasi grafik untuk memfasilitasi penyelesaian soal yang diberikan. Serta pada indikator representasi verbal subjek EN juga belum dapat menuliskan secara lengkap langkah-langkah penyelesaian soal dengan kata-kata atau teks tertulis. Kata kunci : Profil, Representasi Matematis, Kemampuan Matematika, Persamaan linear |