Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 DONDO DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)
Nama: NISWANA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Dondo yang masing-masing terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data kemampuan berpikir reflektif siswa diperoleh dari hasil tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan berpikir reflektif matematis siswakemampuan matematika tinggipada fase reacting dapat menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal. Untuk indikator fase comparing menuliskan dan menjelaskan strategi dalam menjawab soal dengan menggunakan metode gabungan dengan benar dan tepat, mampu memberikan penjelasan terkait masalah yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi sebelumnya. Pada fase contemplating mampu menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui dengan kata-kata atau teks tertulis. (2) Profil kemampuan berpikir reflektif matematis siswakemampuan matematika sedang untuk indikator fase reacting menuliskan apa yang diketahui dalam soal, dan menuliskan apa yang ditanyakan. Pada fase comparing dapat menyelesaikan soal dengan menggunakan metode gabungan, Subjek mengungkapkan dan menjelaskan hubungan atau kaitan antara masalah yang pernah dihadapi sebelumnya dengan masalah yang ditanyakan. Pada fase contemplating mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal menggunakan metode gabungan serta menyimpulkan jawaban yang diperoleh dengan kata- kata atau teks tertulis. (3) Profil kemampuan berpikir reflektif matematis siswakemampuan matematika rendahpada indikator fase reactingdapat menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dalam soal, dan dapat menuliskan apa yang ditanyakan.Pada indikator fase comparingtidak dapat menuliskan dan menjelaskan langkah selanjutnya. Pada indikator fase contemplatingtidak memberikan kesimpulan secara lisan maupun tulisan karena sudah tidak mengingat cara kerjanya. Kata kunci : Profil, Berpikir Reflektif , Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up