JudulProfil Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Balaesang Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis |
Nama: INDRI YANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi deskriptif tentang profil pemecaahan masalah pada soal cerita operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balaesang ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiitati. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang terdiri dari 1 subjek berkecerdasan logis matematis tinggi, 1 subjek berkecerdsan logis matematis sedang dan 1 subjek berkecerdasan logis matematis rendah. Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacu pada langkah-langkah Newman. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi : a) membaca masalah, paham dengan masalah yang akan diselesaikan, b) memahami masalah, menentukan terlebih dahulu informasi dari soal yaitu yang diketahui dan ditanyakan dengan tapat, c) dapat menuliskan rumus dengan tapat, d) keterampilan proses, mensubsitusikan sesuai rumus lalu mengoperasikan yang bertanda kurung terlebih dahulu selanjutnya menyelesaikan operasi bilangan , e) menuliskan jawaban akhir dan kesimpulan dengan tepat. Selanjutnya siswa dengan kecerdasa logis matematis sedang : a) membaca masalah, membaca masalah secara berulang sehingga paham dengan masalah yang akan diselesaikan. b) memahami masalah, menentukan informasi dari soal yaitu yang diketahui dan ditanyakan, c) Transformasi masalah, dapat menentukan rumus untuk menyelesaikan masalah dengan tepat, d) keterampilan proses, menuliskan rumus terlebih dahulu lalu memasukan nilai sesuai rumus, mengoperasikan yang bertanda kurung terlebih dahulu lalu perkalian namun ada kekeliruan dalam mengoperasikan, e) penulisan jawaban akhir, menuliskan kesimpulan dan jawaban akhir namun ada kekeliruan di tahap transformasi masalah.Siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah, a) membaca masalah dengan berulang, lalu paham dengan masalahnya, b) memahami masalah, menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari masalah, c) transformasi masalah, menentukan rumus dari masalah, d) keterampilan proses, menuliskan rumus lalu menyelesaikan operasi penjumlahan terlebih dahulu dan selanjutnya pengurangan dan terjadi kekeliruan pada tahap ini. e) penulisan jawaban dapat menuliskan jawaban namun keliru karena megikuti tahap keterampilan proses tersebut. Kata Kunci : Profil, Pemecahan Masalah, Newman, Kecerdasan logis Matematis |