Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU DI KELAS X MIPA 3 MAN 1 PALU
Nama: MOH. FADHEL RUMI
Tahun: 2024
Abstrak
Moh. Fadhel Rumi. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Di Kelas X MIPA 3 MAN 1 Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Muh. Hasbi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan AR dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di kelas X MIPA 3 MAN 1 Palu. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar observasi, soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di kelas X MIPA 3 MAN 1 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe TGT, yaitu: (1) penyajian kelas (class precentation), (2) belajar dalam kelompok (teams), (3) permainan (games), (4) pertandingan (tournament), dan (5) penghargaan kelompok (team recognation). Hasil tes akhir tindakan menunjukan bahwa pada siklus I terlihat siswa masih sulit dalam menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal tersebut dan terdapat siswa yang masih kesulitan dalam menentukan sisi depan, sisi samping dan sisi miring pada segitiga siku-siku sehingga terdapat kekeliruan dalam menentukan nilai sin, cos dan tan. Sedangkan pada siklus 2 siswa sudah lebih memahami cara mengerjakan soal perbandingan trigonometri dalam menentukan nilai sec, csc dan cot pada segitiga siku-siku. Berdasarkan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas yaitu dari 19 siswa yang mengikuti tes akhir, hanya ada 7 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau mendapat nilai yang mencapai KKM yaitu ? 75, sehingga persentase pada siklus I hanya mencapai 36%. Sedangkan pada siklus II menunjukan bahwa dari 21 siswa yang mengikuti tes akhir, 16 siswa memperoleh nilai tuntas atau mencapai KKM yaitu ? 75, sehingga hasil persentase pada siklus II mencapai 76%. Selain itu, hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukan peningkatan di setiap siklusnya. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di kelas X MIPA 3 MAN 1 Palu. Kata kunci: Team Games Tournament, Augmented Reality, hasil belajar, perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up