JudulPROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SIGI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: FRISKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Friska, 2019. “Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Sigi dalam Pemecahan Masalah Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Starta Satu, Universitas Tadulako. Pembimbing Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Sigi dalam pemecahkan masalah materi Teorema Pyhtagoras ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 15 Sigi yang memiliki kemampuan matematika yang berbeda-beda yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data antara lain melakukan tugas tertulis dan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil kemampuan literasi matematika siswa tingkat tinggi dapat memenuhi semua indikator literasi matematika dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan. Profil kemampuan literasi matematika siswa tingkat sedang hanya dapat memenuhi dua indikator dari ke tiga indikator literasi matematika yang terdiri dari merumuskan dan menerapkan. Profil kemampuan literasi matematika siswa tingkat rendah tidak dapat memenuhi ke tiga indikator literasi matematika yaitu merumuskan, menerapkan dan menafsirkan. Kata Kunci: Kemampuan literasi matematika, Teorema Pythagoras, kemampuan matematika |