Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Negeri 1 Tolitoli Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Gaya Belajar
Nama: MELIANI MANSUR
Tahun: 2023
Abstrak
Meliani Mansur, 2022. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Negeri 1 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Gaya Belajar”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ibnu Hadjar Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX Dzulhijjah 2 MTs Negeri 1 Tolitoli dalam menyelesaikan soal cerita segitiga siku-siku. Jenis penellitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Dzulhijjah 2 MTs Negeri 1 Tolitoli yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data dikumpulkan melalui tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan komunikasi matematis subjek visual dalam menyelesaikan soal cerita segitiga siku-siku pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, walaupun tidak menggunakan simbol-simbol matematika dalam menuliskan yang diketahui, pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi, serta mampu menjelaskan cara dalam menggambar ilustrasi dari soal walaupun ilustrasi yang digambarkan kurang lengkap, pada indikator III, subjek mampu menuliskan rumus yang ia gunakan namun tidak menuliskan rumus yang sesuai dengan soal yaitu rumus Pythagoras dan rumus lingkaran. Kemudian pada langkah-langkah penyelesaian subjek keliru, pada indikator IV; subjek menyimpulkan jawaban yang diperoleh di akhir penyelesaian. (2) Profil kemampuan komunikasi matematis subjek auditorial dalam menyelesaikan soal cerita segitiga siku-siku pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, walaupun tidak menggunakan simbol-simbol matematika dalam menuliskan yang diketahui, pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi, serta mampu menjelaskan caranya dalam menggambar ilustrasi dari soal walaupun ilustrasi yang digambarkan masih kurang lengkap, pada indikator III; subjek mampu menuliskan dan menjelaskan rumus walaupun rumus yang dituliskan subjek hanya rumus Pythagoras karena dalam mengerjakan soal dibutuhkan dua rumus yaitu rumus Pythagoras dan rumus lingkaran kemudian pada langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan subjek keliru dalam menarik hasil jawaban, pada indikator IV; subjek tidak menyimpulkan jawaban yang diperoleh di akhir penyelesaian. (3) Profil kemampuan komunikasi matematis subjek kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita segitiga siku-siku, pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, walaupun tidak menggunakan simbol-simbol matematika dalam menuliskan yang diketahui, pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi,serta mampu menjelaskan caranya dalam menggambar ilustrasi dari soal walaupun ilustrasi yang digambarkan kurang lengkap, pada indikator III; subjek dapat menuliskan dan menjelaskan rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal. Tetapi tidak menuliskan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan soal serta tidak menuliskan langkah-langkah yang lengkap dalam menyelesaikan soal sehingga ia memperoleh jawaban yang benar, Pada indikator IV, subjek tidak menyimpulkan jawaban yang diperoleh di akhir penyelesaian. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, soal cerita, segitiga siku-siku, gaya belajar,visual, auditorial, kinestetik ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up