JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: MAGFIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah soal cerita aritmatika sosial ditinjau dari kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu yang terdiri dari 3 orang yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari hasil penugasan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator langkah pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pekerjaan. Siswa yang berkemampuan matematika sedang memenuhi tiga indikator pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, akan tetapi tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan siswa tidak dapat memeriksa kembali hasil pekerjaannya karena sudah yakin jawabannya sudah benar. Siswa yang berkemampuan matematika rendah dapat memenuhi dua indikator pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah, Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek tidak mampu melaksanakan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya, sedangkan tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek tidak dapat memeriksa kembali hasil pekerjaannya, subjek tidak menyelesaiakan pekerjaannya sehingga tidak diperoleh hasil akhir. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, soal cerita, aritmatika sosial, kemampuan matematika. |