JudulANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 9 PALUDALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEYMUMFRORD |
Nama: NURUL ZAHRA LATOWALE |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi Penalaran Matematis siswa kelas VIII SMPN 9 Palu dalam Menyelesaikan soal Luas Permukaan dan Volume limas ditinjau dari Gaya belajar Honeymumfrord. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak empat siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, soal penalaran matematis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan langkah-langkah yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu siswa aktivis dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal yang disajikan serta menuliskan rumus yang digunakan. Dalam indikator kemampuan melakukan manipulasi matematika mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal dan memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan Mampu menuliskan kesimpulan dengan baik dan benar. Siswa reflektor dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan pada soal yang disajikan. Dalam indikator kemampuan melakukan manipulasi matematika mampu menuliskan langkah-langkah pengerjaan tidak menyelesaikan soal secara tuntas,dan tidak mampu memberikan kebenaran solusi dan memberikan kesimpulan. Siswa teoris dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal yang disajikan serta menuliskan rumus. Mampu menuliskan langkah-langkah pengerjaan penyelesaian soal dan melakukan operasi matematika dengan menentukan hasil akhir yang diminta soal, mampu memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi. Mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. Siswa pragmatis dalam indikator kemampuan mengajukan dugaan mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal yang disajikan serta menuliskan rumus yang digunakan. Dalam indikator kemampuan manipulasi matematika mampu menuliskan langkah-langkah pengerjaan penyelesaian soal. Mampu memberikna kebenaran solusi,dan tidak mampu menuliskan kesimpulan dengan baik dan benar. Kata kunci : Penalaran Matematis, Gaya Belajar Honeymumfrod |