JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 POSO PADA MATERI POLINOMIAL |
Nama: BIHAD ASRYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Poso pada materi polinomial. Subjek penelitian ini adalas siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Poso yang berjumlah 35 orang siswa dan dipilih tiga orang siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan MC. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) refleksi. Penerapan mode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Poso pada materi polinomial mengikuti Langkah – Langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 1) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) Menyajikan/menyampaikan materi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, 4) Membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) Evaluasi, dan 6) Memberikan penghargaan. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 13 orang siswa dikategorikan tuntas, sedangkan 20 0rang siswa dikategorikan tidak tuntas. Persentase ketuntasan yang dicapai adalah 39,39% sedangkan diperoleh data bahwa sebanyak 25 orang siswa dikategorikan tuntas, sedangkan 9 0rang siswa dikategorikan tidak tuntas. Persentase ketuntasan yang dicapai adalah 73,52%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II dalam mengikuti pembelajaran berada pda kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Poso pada materi polinomial. Kata Kunci: Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Polinomial |