Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPerbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Pembelajaran Luring Dan Daring Di SMP Negeri 2 Palu
Nama: RIFKA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran luring dan daring di SMP Negeri 2 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palu dengan jumlah siswa 332. Sampel adalah siswa kelas VIII yang melaksanakan pembelajaran luring dan daring, dengan sampel yang berbeda tetapi memiliki kemampuan yang sama. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Siswa yang peneliti ambil adalah siswa kelas A diambil sebanyak 30 orang siswa dari 31 orang siswa dan siswa kelas B diambil sebanyak 30 orang siswa dari 33 orang siswa, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengambil nilai ulangan tengah semester pada materi teorema pythagoras semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang diperoleh siswa saat pembelajaran daring dan nilai ulangan tengah semester pada materi teorema pythagoras semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 yang diperoleh siswa saat pembelajaran luring. Dengan syarat materi yang diajarkan setara pada saat pembelajaran luring dan daring serta memiliki kemampuan akademik yang sama. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan analisis statistik t-test. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1). Hasil belajar matematika pada saat pembelajaran luring diperoleh nilai rata-rata 64,13 (2). Hasil belajar matematika pada saat pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata 68,27, (3). Nilai sig. (2-tailed) 0,187 > 0.05. Hal ini berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran luring dan daring.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up