JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII MTSN 1 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA POLA BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: ANDI NURAFDHALIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah pola barisan bilangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG di MTs Negeri 1 Palu, yang memiliki gaya kognitif field independen (F1) dan field dependent (FD). pengumpulan data dilakukan dengan (1) test GEFT, (2) tes pemecahan masalah, (3) Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan: Subjek field independent (FI) dalam memecahkan masalah yang terdiri atas 4 tahapan memiliki pola berpikir kreatif sebagai berikut: 1. Memahami masalah, subjek FI menunjukan penguasaan pada indikator berpikir kreatif kefasihan, keaslian dan terperinci. 2. Menyusun rencana, subjek FI menunjukan penguasaan pada indikator kefasihan, fleksibilitas, keaslian dan terperinci. 3.Melaksanakan rencana, subjek FI menunjukan penguasaan pada indikator kefasihan, fleksibilitas, keaslian dan terperinci. 4.Memeriksa kembali, subjek FI menunjukan penguasaan pada indikator kefasihan, fleksibilitas, keaslian dan terperinci. Adapun Subjek field dependent (FD) dalam memecahkan masalah yang terdiri atas 4 tahapan memiliki pola berpikir kreatif sebagai berikut: 1.Memahami masalah, subjek FD menunjukan penguasaan pada indikator berpikir kreatif kefasihan, keaslian dan terperinci. 2.Menyusun rencana, subjek FD menunjukan penguasaan pada indikator dan terperinci. 3.Melaksanakan rencana, subjek FD menunjukan penguasaan pada indikator terperinci. 4.Memeriksa kembali, subjek FD menunjukan penguasaan pada indikator kefasihan, fleksibilitas dan terperinci Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif |