JudulPenerapan Metode Lattice Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa SMP BK Maranatha Kelas VII A Pada Operasi Perkalian Bilangan Bulat |
Nama: MARWA DARMIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Marwa Darmin, 2024. “Penerapan Metode Lattice untuk Mengatasi Kesulitan Siswa SMP BK Maranatha Kelas VII A pada Operasi Perkalian Bilangan Bulat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Anggraini. Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang penerapan metode Lattice untuk mengatasi kesulitan siswa SMP BK Maranatha kelas VII A pada operasi perkalian bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP BK Maranatha berjumlah 22 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kedua informan telah mampu menyelesaikan soal perkalian bilangan bulat positif dua angka dengan satu angka secara tepat menggunakan metode Lattice, mulai dari membuat kotak, meletakkan angka pada nilai tempat, serta menjumlahkan hasil perkalian telah tepat. Siklus II, menunjukkan bahwa kedua informan telah mampu menyelesaikan soal perkalian bilangan bulat positif dua angka dengan dua angka secara tepat menggunakan metode Lattice, mulai dari membuat kotak, meletakkan angka pada nilai tempat, serta menjumlahkan hasil perkalian telah tepat sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Lattice mampu mengatasi kesulitan siswa siswa SMP BK Maranatha kelas VII A pada operasi perkalian bilangan bulat. Berdasarkan persentase ketuntasan klasikal menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi perkalian sebelum menggunakan metode Lattice sebanyak 14 siswa dari 20 orang siswa dengan persentase ketuntasan 30%. Sedangkan setelah menggunakan metode Lattice siswa sudah mampu menyelesaikan operasi perkalian dengan tepat serta memperoleh persentase ketuntasan pada siklus 1 yaitu 78?n pada siklus 2 yaitu 79%. Selain itu, hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya, dari baik menjadi sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Lattice dapat mengatasi kesulitan siswa SMP BK Maranatha kelas VII A pada operasi perkalian bilangan bulat. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Operasi Perkalian, Metode Lattice. |