JudulPROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL TAK TENTU FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA NEGERI 2 DAMPELAS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN |
Nama: ANDRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal integral tak tentu funsi aljabar ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa dari kelas XI IPA SMAN 2 Dampelas yang masing-masing terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Data kesalahan siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan subjek laki-laki pada tahap I; kesalahan membaca soal. Subjek lupa mengenali nama simbol integral pada satu soal; pada tahap II; kesalahan memahami soal. subjek tidak melakukan kesalahan pada tahap ini; pada tahap III; kesalahan transformasi soal. Subjek sering melakukan kesalahan menggunakan tanda operasi hitung; pada tahap IV; kesalahan keterampilan proses. Subjek sering melakukan kesalahan pada tahap ini; pada tahap V; kesalahan penulisan jawaban akhir. Subjek sering tidak menuliskan variabel dengan benar dan terkadang kesimpulannya salah dan tidak lengkap. (2) kesalahan subjek perempuan pada tahap I; kesalahan membaca soal. Subjek tidak melakukan kesalahan pada tahap ini; pada tahap II; kesalahan memahami soal. Subjek tidak melakukan kesalahan memahami isi soal, tetapi tidak menuliskan apa yang diketahui dengan lengkap; pada tahap ke III; kesalahan transformasi soal. Subjek melakukan kesalahan penempatan dan penulisan tanda operasi pada saat mengerjakan soal; pada tahap IV; kesalahan keterampilan proses. Subjek melakukan kesalahan pada saat mengoperasikan; pada tahap V; kesalahan penulisan jawaban akhir. Subjek tidak melakukan kesalahan pada penulisan variabel, tetapi kesimpulannya tidak dituliskan dengan lengkap. Kata kunci: Profil Kesalahan, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, Jenis Kelamin |