JudulPROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII B SMPN 1 GALANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BENTUK ALJABAR |
Nama: MOH. HARIS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang kemampuan matematis siswa melalui penyelesaian soal cerita bentuk aljabar di kelas VII B SMP Negeri 1 Galang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh NCTM. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Galang yang memiliki tingkat kemampuan matematika yang berbeda yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari hasil penugasan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang berkemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan keempat indikator pemecahan masalah matematika yaitu tahap membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah, memecahkan masalah yang muncul dalam matematika, menerapkan dan mengadaptasi berbagai strategi untuk memecahkan masalah dan memonitor dan merefleksi proses pemecahan masalah matematika. Subjek yang berkemampuan matematika sedang dapat menyelesaikan tiga dari empat indikator pemecahan masalah yaitu tahap membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah, tahap memecahkan masalah yang muncul dalam matematika, dan menerapkan dan mengadaptasi berbagai strategi untuk memecahkan masalah. Subjek yang berkemampuan matematika rendah dapat menyelesaikan dua dari empat indikator yaitu tahap membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah dan tahap memecahkan masalah yang muncul dalam matematika. Kata kunci: Profil, pemecahan masalah, soal cerita aljabar, kemampuan matematika |